Widget HTML Atas

Cara Budidaya Bunga Wijaya Kusuma Warna-Warni Dijamin Gak Layu Deh!

 

Cara Budidaya Bunga Wijaya Kusuma Warna-Warni Dijamin Gak Layu Deh!

Cara Budidaya Bunga Wijaya Kusuma Warna-Warni Dijamin Gak Layu Deh! -Bunga Wijaya Kusuma, atau sebuah bunga yang telah populer dengan panggilan nama yang lain sebagai Si Ratu Malam. Kenapa? Karena pada intinya bunga ini melakukan aktivitas cuman pada satu waktu, yakni malam hari. Sebagai contoh, bunga dari Wijaya Kusuma ini cuman bisa memekar saat malam hari, kemudian bunga akan mempunyai wewangian yang paling kuat dan bisa tercium sampai kesekitar bunga itu. Sebagai bunga yang aktif saat malam hari, hal yang paling susah dilaksanakan dan ditunggu-tunggu ialah bagaimanakah cara menyaksikan bunga itu mekar saat malam hari. Karena, secara umum, bunga akan bermekaran saat pagi atau siang hari saat di mana matahari menyinari bumi.

Keunikan dari bunga Wijaya Kusuma ini ialah tanaman ini mempunyai bunga yang termasuk besar, putih yang seperti gading, dan seperti terlihat tanaman yang paling eksotik. Sebagai tanaman yang mempunyai famili dengan kaktus, beberapa ciri fisik dari tanaman Wijaya Kusuma ini mempunyai daun yang warna hijau, berupa gepeng, di bagian ujung di sekitar daun ada lekukan-lekukan kecil, dan keras. Oleh karenanya, dengan antiknya perkembangan dari tanaman ini, beberapa orang berusaha untuk menanam bunga Wijaya Kusuma.


Saat sebelum menanam bunga Wijaya Kusuma, sebaiknya kita ketahui beberapa hal yang penting disiapkan untuk menanam tanaman ini:

1. Bibit Tanaman Wijaya Kusuma


Dalam pembibitan tanaman wijaya kusuma, hal pertama kali yang kita kerjakan ialah mekanisme pembelahan. Mekanisme pembelahan yang ditujukan ialah pisahkan rumpun bibit dari rumpun akar.

Ini bisa ditangani dengan pisahkan bibit dari tanaman indukan dan pilih dan memisah mana indukan yang bisa dijadikan berkembang biak.

Untuk ketahui seperti apakah indukan yang baik, anggap bisa ketahui dengan menyaksikan kelebatan dari tumbuhan yang di tanam, disamping itu dapat disaksikan jika bentuk dari tanaman itu bagus. Sesudah lakukan proses pembibitan, setelah itu tempat tanam.

2. Media Tanam


Untuk tempat tanam yang penting disiapkan ialah seperti secara umum, yakni tanah. Tapi, untuk hasilkan tanaman wijaya kusuma yang lebih bagus dan bagus, karena itu seharusnya kita perlu menyiapkan tanah, pupuk organic, humus, dan pasir dengan perbedaan 3:1:1:2 (tanah:pupuk:humus:pasir) yang sudah digabung dan diaduk-aduk secara rata.

Jika akan dilaksanakan penanaman tanaman wijaya kusuma dalam pot, kita bisa menanam dengan memakai alternative selainnya yang disebut di tempat tanam awalnya dengan memakai pasir, lumut sphagnum, dan tangkai paku tiang.

3. Cara Menanam


Karena datang dari keluarga Kaktus, hal yang perlu jadi perhatian supaya tanaman ini bisa hidup dan tumbuh bisa termasuk gampang. Berikut beberapa hal yang perlu jadi perhatian:

Kemudian, kita bisa menanam tanaman wijaya kusuma dengan masukkan bibit yang sudah kita tentukan awalnya ke tanah. Selanjutnya, tutup kembali bibit itu dengan memakai tanah.

Simpanlah bibit itu pada status kedalaman sedalam 5cm.

Sesudah lakukan penanaman, kita bisa memberi penyiraman dengan memakai air supaya bibit yang sudah ditanamkan bisa lakukan perkembangan sama sesuai seperti semestinya.

4. Tehnik Perawatan


Tanaman wijaya kusuma ini benar-benar tidak kuat sama air. Jika kita kebanyakan memberinya karena itu tanaman ini cepat membusuk dan jika kita kurang memberi air ketika kita menanam tanaman wijaya kusuma, karena itu bisa terjadi peluang perkembangan tanaman ini bisa menjadi terusik. Selanjutnya akan menyebabkan tanaman ini akan cepat layu.

5. Penyiraman Bunga

Maka sebagai penanam tanaman kita harus atur jumlah air yang dibutuhkan untuk menanam tanaman wijaya kusuma ini dengan kondisi yang berada di lingkungan. Kebalikannya jika kita ada di musim kemarau, seharusnya kita lakukan penyiraman secara periodik dan teratur.

6. Pemberian Pupuk



Adapula, kita harus tetap memberi pupuk untuk menanam dan membudidayakan tanaman ini. Untuk ini, pupuk yang dipakai ialah pupuk organik, baik itu memakai material dasar dari binatang atau tumbuhan, kita dapat memberi pupuk bikinan. Dalam pemberian pupuk, hal yang perlu jadi perhatian ialah jeda pemberian dari pupuk tersebut. Seharusnya, kita memberi pupuk dalam waktu periode 2 waktu sekali, ini diterapkan supaya tanaman wijaya kusuma bisa tumbuh dengan keadaan terbaik.

7. Langkah Penyiangan

Tak lupa untuk lakukan penyiangan pada tanaman wijaya kusuma. Dalam masalah ini, penyiangan terhitung di dalam usaha penangkalan gempuran hama dan parasite pada tanaman yang sudah kita rawat. Cabutlah beberapa tanaman atau gulma dan hama yang ada di sekitar tanaman wijaya kusuma. Dibolehkan juga untuk kita untuk memberi fungisida dan insektisida dengan teratur dengan memakai jumlah yang pas dan bersihkan tanaman ini dari wilayah yang terserang penyakit.

Budidaya Bunga Wijaya Kusuma dengan Tehnik Stek

Selainnya dengan pembibitan biasa, langkah menanam bunga wijaya kusuma bisa juga dilaksanakan dengan stek daun. Berikut ialah keterangan langkah menanam bunga wijaya kusuma dengan tehnik stek daun:

1. Bahan yang Diperlukan

Persiapkan pisau yang sudah di sterilkan dengan memakai alcohol 95% dan tissue dan pisatu itu harus tajam.

2. Penyeleksian Daun

Pada tanaman wijaya kusuma yang hendak dipakai stek daun. Pilih daun yang termasuk dalam kodisi yang sehat, fresh, dan warna hijau jelas. Saat sudah pilih, karena itu potong daun itu sejumlah 5 cm. Selanjutnya,potong daun itu supaya rata, jika tidak atau belum juga rata, di wajibkan untuk lakukan pemangkasan kembali.

3. Pemberian Hormone

Selanjutnya, beri hormone untuk menggairahkan perkembangan akar dengan memberinya pada permukaan daun yang sudah dipotong. Biarkan sepanjang lebih kurang 7 - 10 hari, selanjutnya tempatkan daun pada lokasi yang tidak terserang cahaya matahari atau teduh dan tempat di mana ada putaran udara disekelilingnya. Jika daunnya jadi sedikit jadi lebih kering dan kaku tidak ada apa-apa. Karena hal itu tidak membuat busuk.

4. Pemangkasan Daun sebagai Bibit

Sesudah dilakukan pendiaman pada daun itu sepanjang 7 - 10 hari, daun yang dipotong itu bisa kita tanam pada tempat tanam sebetulnya. Pakailah hal yang telah awalnya diterangkan pada tempat tanam. Yakni dengan memakai tanah, pupuk organic, humus, dan pasir dengan perbedaan 3:1:1:2 (tanah:pupuk:humus:pasir) yang sudah digabung dan diaduk-aduk secara rata.

5. Cara Menanam

Tanamlah tanaman itu dengan kedalaman 5 cm, supaya daun yang dimasukkan tidak robot. Tempatkan tanaman itu di tempat tanam yang sudah dipersiapkan. Lihat juga supaya tersisa sedikit permukaan daunnya.

Jika sudah ditanamkan, tanaman wijaya kusuma seharusnya tidak langsung disiram dengan memakai air. Biarkan dan diamkan saja tanaman itu untuk beberapa saat, sebagai contoh 10 hari. Jika sudah capai hari itu, selanjutnya kita seharusnya mulai lakukan proses penyiraman.

6. Cara Perawatan

Dalam perawatannya, seharusnya dilaksanakan penyiraman satu minggu sekali, karena tanaman wijaya kusuma tidak begitu memerlukan banyak air karena termasuk dalam tipe kaktus. Cuman jika kita sedang masuk musim kemarau, kita bisa tingkatkan frekwensi untuk memberi penyiraman ke tanaman wijaya kusuma sekitar 2x dalam sehari.

7. Letak Tanaman

Setek yang barusan dibuat dan dibikin, keMudian ditanamkan dan ditempatkan pada lokasi tempat yang termasuk teduh dan terlindung, tapi tetap harus terserang cahaya matahari. Karena itu seharusnya perlindungannya ialah plastik bening supaya intensif sinar matahari cuman sekitaran 50% atau seharusnya lebih kecil dari 50%. Yang paling penting ialah tidak mengenainya langsung.

8. Proses Perpindahan Tanaman

Dalam kurun waktu dua bulan, alihkan tanaman secara berhati-hati ke arah tempat yang mulai terserang sinar matahari langsung, tapi ini kali ialah cuman sekitar 50% - 70% dari keseluruhan sinar yang mengenainya. Disamping itu, kerjakan proses ini secara perlahan-lahan supaya tanaman tidak terkena penyakit. (Baca : Langkah Menanam Kangkung)

Untuk tempat tanam pot, seharusnya memakai diameter 10-20cm, dan ubahlah pot dan tempat tanam yang ada di dalam pot sepanjang enam bulan sekali.

9. Perawatan

Supaya tanaman Wijaya Kusuma bisa tumbuh secara baik, tanaman selanjutnya mulai diberi cahaya matahari yang cukup. Simpanlah tanaman di lokasi yang punyai putaran udara yang termasuk baik, supaya perkembangan dari tanaman wijaya kusuma tidak ketahan.

Untuk keadaan terbaik, tanaman yang hendak diperkembangkan dengan memakai stek maka mulai berbunga saat sudah masuk tahun ke-2 dan ke-3 semenjak diawalinya penanaman. Agar keluarkan bunga, karena itu dibutuhkan waktu satu tahun sekali untuk melihaatnya. Jika kita memberi pupuk seperti NPK, karena itu saat diawalinya musim mekar, maka memberi tenaga extra untuk perkembangan tanaman wijaya kusuma.

Berikut tutorialg komplet langkah menanam bunga wijaya Kusuma. Itu bagaimana perkembangbiakan dan langkah menanam wijaya kusuma yang diawali dari bibit jadi tanaman dan dari stek sampai berkembang besar. Karena termasuk tanaman yang sulit untuk disaksikan perkembangan dari bunganya, karena itu untuk anda yang paling menyenangi bunga karena itu, tanaman ini bisa menjadi kepuasan tertentu untuk menyaksikannya mekar saat malam hari karena hasil jerih payah anda sendiri. Disamping itu, ada juga manfaat-manfaat yang lain yang sebetulnya ada pada tanaman wijaya kusuma. Jika anda ingin coba mengawali untuk menanam tanaman wijaya kusuma karena itu artikel ini akan bermanfaat buat anda. Terima kasih.

 

 

Tidak ada komentar untuk "Cara Budidaya Bunga Wijaya Kusuma Warna-Warni Dijamin Gak Layu Deh!"